SD IT Mutiara Hati Semarang Gelar Sekolah Orang Tua dalam Rangkaian Penyerahan Hasil Belajar

Semarang, SDIT Mutiara Hati. Sabtu, 24 September 2022, SDIT Mutiara Hati Semarang menggelar Sekolah Orang Tua (SOT) yang tercakup dalam rangkaian agenda penerimaan Laporan Hasil Belajar (LHB) tengah semester gasal tahun ajaran 2022/2023. Acara ini digelar sebagai wujud komitmen SDIT Mutiara Hati Semarang dalam mendidik siswa-siswi yang bersinergi dengan orang tua agar tercapai pendidikan yang optimal.

SOT kali ini mengambil tema "Melunasi Utang Pengasuhan" dengan menghadirkan pemateri seorang Psikolog yakni Ninin Kholida, S.Psi., M.Kes. Kegiatan dilaksanakan di ruang pertemuan Masjid Jami' Ulul Albab Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Pendidikan keluarga merupakan pendidikan yang penting karena keluarga merupakan sistem pendukung inti dan dasar, sehingga jika ada hal yang terlewat dalam pendidikan dan pengasuhan anak, akan menimbulkan utang atau kekurangan di masa mendatang. Melalui SOT, sebagai salah satu fasilitas belajar, orang tua dapat berikhtiar untuk dapat meningkatkan pendidikan dan pengasuhan dalam keluarga agar jika ada utang dalam pengasuhan, dapat terbayarkan kepada anak.

Suratman, orang tua dari siswa kelas IV, mengaku mengikuti acara dari awal. "Dengan SOT ini saya bisa belajar cara mendidik anak yang belum saya lakukan. Alhamdulillah bisa tambah ilmu". Ia senang sekali dengan adanya SOT yang dilaksanakan bersamaan penerimaan LHB karena menambah pengetahuan.

Sementara itu, guru kelas II B, Naila Isnatul Muna mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus karena dapat menjadi tambahan bagi orang tua dalam mengasuh anak sendiri, maupun guru dalam mengasuh anak didik. Selain itu, Naila menambahkan bahwa SOT dalam rangkaian penerimaan LHB dapat menjadi pengingat sekaligus re-charger bagi guru dan orang tua.

Dalam serangkaian kegiatan ini, terdapat penampilan dari siswa-siswi SD IT Mutiara Hati Semarang, yakni mempersembahkan tasmi' surat Al Ma'arij serta nasyid Shalawat Jibril dan senandung Al Fatihah di awal acara. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan LHB kepada orang tua siswa.