SD dan SMP IT Mutiara Hati Semarang Selenggarakan Khotmil Quran dan Imtihan Qiro'ati

Sabtu 19 Maret 2023, SD dan SMP Islam Terpadu Mutiara Hati kota Semarang menggelar kegiatan Khotmil Qur'an dan Imtihan Qiro'ati 

Kegiatan khotmil Quran dan imtihan ini dipandu oleh MC yakni Ustadzah Naila dan Ustadzah Rona. Susunan kegiatan yang pertama adalah pembukaan, berikutnya adalah khataman surah Al Ghasyiyah sampai dengan An Nas, imtihan dan tanya jawab dari orang tua atau wali murid, menyanyikan mars Qiro'ati, sambutan-sambutan, sungkeman, penyerahan ijazah secara simbolik dan foto keluarga, serta doa dan penutup.

Kegiatan diawali dengan membaca surah All Fatihah bersama-sama, dilanjutkan dengan khataman Alquran oleh santriwan-santriwati dari SD IT dan SMP IT Mutiara Hati Semarang, didampingi oleh Ustadzah Eka Nurchasanah. 

Santriwan-santriwati dari SD dan SMP IT Mutiara Hati Semarang yang mengikuti Khotmil Qur'an dan Imtihan berjumlah 27,  yang terdiri atas 12 santriwan-santriwati TPQ SD IT dan 15 santriwan santriwati TPQ SMP IT Mutiara Hati Semarang. 

Untuk tanya jawab, orang tua dan wali murid dapat langsung memilih nomor pada slide yang berisi pertanyaan untuk peserta. Pada pertanyaan tersebut, ada yang diminta untuk membaca dan memperhatikan tartil, fashohah dan tajwid, juga ada yang diminta menyebutkan hukum bacaan tajwid dan pelajaran ghorib yang terdapat pada ayat yang terdapat pada slide.

Kegiatan ini dilaksanakan di masjid Salim Adz Dziyab kampus Ngijo. Dihadiri oleh tamu undangan yakni pembina yayasan Bapak Bramantyo, sekretaris yayasan Bapak Kuatman, ketua yayasan Bapak Solikin, tamu undangan, serta keluarga dari santriwan-santriwati yang terdiri dari ayah bunda serta saudara-saudara santriwan santriwati dan wali santri.

Setelah selesai menyanyikan mars qiroati, santriwan santriwati kembali ke belakang panggung dan dilanjutkan sambutan-sambutan. 

Sambutan yang pertama adalah sambutan dari ketua panitia yakni Ustadzah Zulfa. Beliau berharap tahun depan lebih banyak lagi santriwan-santriwati yang menjadi peserta khotmil Quran dan imtihan serta dapat melaksanakan kegiatan khotmil Qur'an dan imtihan lebih baik lagi.

Sambutan selanjutnya adalah sambutan dari ketua yayasan yakni bapak Solikhin. Harapan beliau supaya santriwan santriwati menjadi ahli Al Qur'an dan mengamalkan, serta mengajarkan Alquran.

Sambutan berikutnya adalah sambutan dari perwakilan orang tua santriwan santriwati yakni Bapak Kuatman. Dalam sambutannya, beliau berkata bahwa kebanggaan sebagai orang tua adalah melihat putra dan putrinya sholih dan sholihah serta dekat dengan Al Qur'an.

Kegiatan berikutnya adalah sungkeman, penyerahan ijazah secara simbolik serta foto keluarga yang dipandu oleh MC.

Sesi sungkeman menjadi sesi yang mengharukan karena santriwan santriwati meminta doa terbaik kepada kedua orang tua dan sebaliknya orang tua memberikan doa dan nasihat kepada anak tercinta mereka.

Kegiatan berikutnya adalah penyerahan ijazah secara simbolik dan foto keluarga. Penyerahan dilakukan oleh ketua panitia Ustadzah Zulfa, bapak Solikin ketua yayasan dan Bapak Bramantyo pembina yayasan, tak lupa pemberian ucapan selamat kepada santriwan santriwati yang telah melaksanakan imtihan dan mendapatkan nilai terbaik versi masing-masing.

Doa penutup dipimpin oleh Ustadz Abdur, guru Al Quran SDIT Mutiara Hati Semarang dan ditutup oleh MC dengan ucapan tahmid serta salam penutup.

Tulisan Lainnya
PUNCAK P5 SDIT MUTIARA HATI GELAR PAMERAN KEWIRAUSAHAAN

    Semarang, 13 Desember 2023 SDIT menggelar puncak p5 dengan tema Kewirausaha. Kegiatan ini bertujuan agar seluruh siswa memiliki jiwa kewirausahaan, terlebih menjadi musl

19/12/2023 10:58 - Oleh Admin - Dilihat 184 kali
TELAH DIBUKA !!! PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SDIT MUTIARA HATI TAHUN AJARAN 2024/2025

*SYARAT PENDAFTARAN* 1. Usia minimal 6 tahun per 1 Juli 2024 2. Menyerahkan fotokopi akta kelahiran (kertas HVS F4, rangkap 2) 3. Menyerahkan fotokopi KK (kertas HVS F4, rangkap 2)

05/12/2023 20:32 - Oleh Admin - Dilihat 741 kali
SDIT MUTIARA HATI GELAR HPMS dan MPLS 2023/2024 YANG MENYENANGKAN

Semarang, 17 Juli 2023 SDIT Mutiara Hati Semarang melaksanakan Hari Pertama Masuk Sekolah (HPMS) dan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk siswa kelas 1. Adapun kegiatan ter

27/07/2023 12:10 - Oleh Admin - Dilihat 346 kali
Tarhib Ramadan menyambut bulan suci Ramadan 1444 Hijriah

SD-SMP Islam Terpadu Mutiara Hati Kota Semarang, pada hari Selasa 21 Maret 2023, melaksanakan Tarhib Ramadan. Agenda ini diikuti oleh guru, tendik dan seluruh siswa-siswi dari kelas 1 s

26/03/2023 10:49 - Oleh Admin - Dilihat 277 kali
Peringatan Isra' Mi'raj di SD IT Mutiara Hati Memang Beda

Isra' Mi’raj adalah dua perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam karena pa

20/02/2023 11:37 - Oleh Admin - Dilihat 178 kali